Rabu, 08 September 2010

TERJEMAH LAFDZIYAH

TERJEMAH LAFDZIYAH

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
merupakan suatu kabar gembira bagi kita, banyak diantara saudara-saudara kita kaum muslimin, baik ikhwan maupun akhwat yang fasih membaca alquran. lancar,fasih,sesuai dengan qoidah tajwid. tetapi ada masalah baru dengan kefasihan saudara-saudara kita tersebut, yaitu mereka tidak mengerti arti/terjemah ayat/surat yang mereka baca. sungguh suatu masalah yang serius. keadaan mereka seperti pepatah "berkata tanpa makna". menurut hemat saya hal tersebut terjadi karena mereka beranggapan bahwa belajar terjemah alquran itu sulit, haru belajar bahasa arab terlebih dahulu, dll.




bagaimana cara menyelesaikan masalah ini?


ada suatu metode baru dalam belajar menterjemahkan alquran yang saya sebut metode TERJEMAH LAFDZIYAH atau terjemah kata perkata.dengan menggunakan mushaf alquran sistem CBSA (Cara belajar santri aktif)yang dirancang khusus untuk metode ini. tapi mushaf ini tidak mutlak, bisa di ganti drngan mushaf alquran lain yang punya ukuran besar.

Bentuk teknis

Bentuk teknis dari metode ini adalah, bentuk belajar mengajar antara ustadz dan murid. sang ustadz membaca kata perkata dalam ayat alquran dan mengartikannya, sedangkan sang murid menyandang kitab dan menulis arti dari tiap kata yang sang ustadz bacakan.

metode seperti ini adalah metode yang saya anggap paling efektif.keefektifan metode ini antara lain:
1. tidak perlu tahu dasar-dasar bahasa arab yang notabenenya sangat rumit
2. banyaknya kata yang diulang dalam alquran, sehingga memudahkan kita menghafal kosa kata.
3. dll

gambar dibawah ini merupakan contoh metode terjemah lafdziyah.








demikianlah khobar dari saya mudah-mudahan bermanfaat.


                              

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

FIRMAN GUNS. Diberdayakan oleh Blogger.