Rabu, 06 Oktober 2010

Helai Daun

Maha besar Allah yang telah menciptakan segala sesuatu bermanfaat dan sesuai takaran. Tanaman sebagai salah satu makhluk hidup yang diciptakan Allah merupakan refleksi dari sebuah menejemen kehidupan bermasyarakat yang patut kita teladani.
Akar, batang, daun buah dan bunga merupakan koloni yang harmonis. penuh rasa saling memberi dan menerima, tanpa pernah berebut dan mempedebatkan pembagian rezeki. Karena memang rezeki telah diatur olehNya dengan adil.

Daun salah satu organ tanaman yang mempunyai fungsi yang cukup penting. sewaktu daun masih muda,ia memperoleh makanan untuk hidup dan tumbuh dari fotosintesisyang dilakukan batang serta suplai air dan hara dari akar.
Namun begitu menginjak dewasa, ketika daun mencapai ukuran setengah atau tiga perempat, ia sudah dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri sekaligus memberikan hasil usahanya pada saudaranya, daun yang lebih muda. hasil fotosintesisnya pun dibagikan untuk batang,cabang dan akar, yang sebelumnya merupakan donatur terbesar untuk proses kehidupannya.
Adalah sebuah hal yang memalukan, ketika kita sebagai makhluk yang dikaruniai akal, tidak tahu caramembalas budi  kepada tangan-tangan lain yang telah memberi andil besar untuk proses hidup kita. Sebuah kesombongan yang besar, ketika kita berfikirbahwa kesuksesankita buah dari keringat dan air mata sendiri tanpa campur tangan orang ain. 
Dan tahukah kita, daun pernah memproduksi makanan melebihikebutuhannya. Bahkan kalau terjadi kelebihan produksi atau hasil produksinya tidak di distribusikan secara optimal,daun akan berubah warna menjadi kekuningan,lantas layu dan mati. Sebuah prinsip kesederhanaan, tidak berlebihandan pemerataan. Seperti halnya Rasulullah yang takmenyukai sesuatu yang berlebih-lebihan.
Alangkah indahnya bila setiap kitamempunyai prinsip seperti daun. semua yang ada pada diri kita adalah cukup dan wajar, tanpa berlebihan. Dan apa yang sepatutnya didapatkan oleh orang lain, kita berikan sesuai takarannya. Tak pernah ada niatan untuk menikmatinya sendiri, tak pernah ada rasa ingin besar sendiri. semuanya mendapatkan hakmasing-masing.
Namun sehelai daun pun tak dapat sendirian membentuk sosok tanaman yang subur dan sehat. Daun-daun yang bekerjasama  baru dapat menumbuhkan tanaman yang sehat dan subur,yang nantinya menghasilkan buah yang nantinya kita nikmati. Demikian halnya manusiayang sangat membutuhkan tangan-tangan orang lain untuk meraih cita-cita dan keberhasilan yang diimpikan. meskipun ia memiliki talenta dan kekuasaan.


Tarbawi

















Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

FIRMAN GUNS. Diberdayakan oleh Blogger.