Selasa, 11 Januari 2011

SIRAH NABAWIYAH ( 03 ) Syaikh Shafiyyur-Rahman Al-Mubarakfury Sumber : Kitab Ar-Rahiqul Makhtum

AGAMA BANGSA ARAB

Mayoritas Bangsa Arab masih mengikuti dakwah Nabi Ismail 'alaihissalam dan menganut
agama yang dibawanya. Beliau meneruskan dakwah ayahnya, Ibrahim 'alaihissalam, yaitu
menyembah Allah dan mentauhidkanNya. Untuk beberapa lama mereka akhirnya mulai
lupa banyak hal tentang apa yang pernah diajarkan kepada mereka. Sekalipun begitu,
tauhid dan beberapa syiar agama Ibrahim masih tersisa pada mereka, hingga munculnya
Amru bin Luhai, pemimpin Bani Khuza'ah. Dia tumbuh sebagai orang yang dikenal suka
berbuat kebajikan, bershadaqah dan respek terhadap urusan-urusan agama, sehingga
semua orang mencintainya dan hampir-hampir mereka menganggapnya sebagai salah
seorang ulama besar dan wali yang disegani. Kemudian dia mengadakan perjalanan ke
Syam. Disana dia melihat penduduk Syam yang menyembah berhala dan menganggap hal
itu sebagai sesuatu yang baik serta benar. Sebab menurutnya, Syam adalah tempat para
rasul dan kitab. Maka dia pulang sambil membawa Hubal dan meletakkannya di dalam
ka'bah. Setelah itu dia mengajak penduduk Mekkah untuk menjadikan sekutu bagi Allah.
Orang-orang Hijaz pun banyak yang mengiktui penduduk Mekkah karena mereka
dianggap sebagai pengawas Ka'bah dan penduduk tanah suci.
Berhala yang paling dahulu mereka sembah adalah Manat, yang ditempatkan di Musyallal
di tepi laut Merah dekat Qudaid. Kemudian mereka membuat Lata di Thaif dan Uzza di
lembah kurma (wadi nakhlah). Ketiga berhala tersebut merupakan yang paling besarnya.
Setelah itu kemusyrikan semakin merebak dan berhala-berhala yang lebih kecil bertebaran
di setiap tempat di Hijaz. Dikisahkan bahwa Amru bin Luhai mempunyai pembantu dari
jenis jin. Jin ini memberitahukan kepadanya bahwa berhala-berhala kaum Nuh (Wud,
Suwa', Yaghuts, Ya'uq dan Nasr) terpendam di Jeddah. Maka dia datang ke sana untuk
mencari keberadaannya, lalu membawanya ke Tihamah. Setelah tiba musim haji, dia
menyerahkan berhala-berhala itu kepada berbagai kabilah. Mereka membawa pulang
berhala-berhala itu ke tempat mereka masing-masing. Sehingga di setiap kabilah dan di
setiap rumah hampir pasti ada berhalanya. Mereka juga memajang berbagai macam
berhala dan patung di al-Masjidil Haram . Tatkala Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam
menaklukkan Mekkah, di sekitar Ka'bah terdapat tiga ratus enam puluh berhala. Beliau
menghancurkan berhala-berhala itu hingga runtuh semua, lalu memerintahkan agar
berhala-berhala tersebut dikeluarkan dari masjid dan dibakar.
Begitulah kisah kemusyrikan dan penyembahan terhadap berhala, yang menjadi fenomena
S i r a h N a b a w i y a h | 24
terbesar dari agama orang-orang Jahiliyyah, yang menganggap dirinya masih menganut
agama Ibrahim.
Mereka juga mempunyai beberapa tradisi dan upacara penyembahan berhala, yang hampir
semuanya dibuat oleh Amru bin Luhai. Sementara orang-orang mengira apa yang dibuat
Amru tersebut adalah sesuatu yang baru dan baik serta tidak merubah agama Ibrahim.
Diantara upacara penyembahan berhala yang mereka lakukan adalah :
Mereka mengelilingi berhala dan mendatanginya, berkomat-kamit di hadapannya,
meminta pertolongan tatkala menghadapi kesulitan, berdoa untuk memenuhi kebutuhan,
dengan penuh keyakinan bahwa berhala-berhala itu bisa memberikan syafa'at di sisi Allah
dan mewujudkan apa yang mereka kehendaki.
Mereka menunaikan haji dan thawaf di sekeliling berhala, merunduk dan sujud di
hadapannya.
Mereka bertaqarrub kepada berhala mereka dengan berbagai bentuk taqarrub/ibadah;
mereka menyembelih dan berkorban untuknya dan dengan namanya.
Dua jenis penyembelihan ini telah disebutkan Allah di dalam firmanNya :
"…Dan apa yang disembelih untuk berhala…." (al-Maidah: 3)
"Dan jagnanlah kalian memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika
menyembelihnya". (Al-An'am: 121).
Jenis taqarrub yang lain, mereka mengkhususkan sebagian dari makanan dan minuman
yang mereka pilih untuk disajikan kepada berhala, dan juga mengkhususkan bagian
tertentu dari hasil panen dan binatang ternak mereka. Diantara hal yang amat aneh adalah
perbuatan mereka mengkhususkan bagian yang lain untuk Allah. Banyak sebab-sebab
yang mereka jadikan alasan kenapa mereka memindahkan sesembahan yang sebenarnya
mereka peruntukkan untuk Allah kepada berhala-berhala mereka, akan tetapi mereka
tidak memindahkan sama sekali sesembahan yang sudah diperuntukkan untuk berhala
mereka. Allah berfirman :
"Dan, mereka memperuntukkan bagi Allah satu bagian dari tanaman yang diciptakan
Allah, lalu mereka berkata sesuai dengan persangkaan mereka, ' Ini untuk Allah dan ini
untuk berhala-berhala kami'. Maka saji-sajian yang diperuntukkan bagi berhala-berhala
mereka tidak sampai kepada Allah; dan saji-sajian yang diperuntukkan bagi Allah, maka
sajian itu sampai kepada berhala-berhala mereka. Amat buruklah ketetapan mereka itu".
(Al-An'am: 136).
Diantara jenis taqarrub yang mereka lakukan ialah dengan bernazar menyajikan sebagian
hasil tanaman dan ternak untuk berhala-berhala. Allah berfirman :
" Dan, mereka mengatakan,'inilah binatang ternak dan tanaman yang dilarang; tidak boleh
S i r a h N a b a w i y a h | 25
memakannya, kecuali orang yang kami kehendaki', menurut anggapan mereka, dan binatang ternak
yang mereka tidak menyebut nama Allah di waktu menyembelihnya, semata-mata membuat-buat
kedustaan terhadap Allah". (Al-An'am: 138).
Diantaranya lagi adalah ritual al-bahirah, as-sa'ibah, al-washilah, al-hami . Ibnu Ishaq
berkata: "al-bahirah ialah anak as-sa'ibah yaitu onta betina yang telah beranak sepuluh
betina secara berturut-turut dan tidak diselingi sama sekali oleh yang jantan. Onta
semacam inilah yang dilakukan terhadapnya ritual sa'ibah; ia tidak boleh ditunggangi,
tidak boleh diambil bulunya, susunya tidak boleh diminum kecuali oleh tamu. Jika
kemudian melahirkan lagi anak betina, maka telinganya harus dibelah. Setelah itu ia harus
dilepaskan secara bebas bersama induknya, dan juga harus mendapat perlakuan yang sama
seperti induknya. Al-Washilah adalah domba betina yang lahir dari lima perut; jika
kemudian lahir sepuluh betina secara berturut-turut dan tidak diantarai lahirnya yang
jantan, mereka mengadakan ritual washilah. Mereka berkata: "aku telah melakukan
washilah". Kemudian bila domba tersebut beranak lagi, maka mereka persembahkan
kepada kaum laki-laki saja kecuali ada yang mati maka dalam hal ini kaum laki-laki dan
wanita bersama-sama melahapnya. Sedangkan Al-hami adalah onta jantan yang sudah
membuahkan sepuluh anak betina secara berturut-turut tanpa ada jantannya. Punggung
onta seperti ini dijaga, tidak boleh ditunggangi, tidak boleh diambil bulunya, harus
dibiarkan lepas dan tidak digunakan kecuali untuk kepentingan ritual tersebut. Berkenaan
dengan hal tersebut, Allah menurunkan ayat :
"Allah sekali-kali tidak pernah mensyari'atkan adanya bahirah, sa'ibah, washilah dan hami. Akan
tetapi orang-orang kafir membuat-buat kedustaan terhadap Allah, dan kebanyakan mereka tidak
mengerti". (al-Maidah: 103).
Allah juga menurunkan ayat :
" Dan, mereka mengatakan :'apa yang di dalam perut binatang ternak ini adalah khusus untuk pria
kami dan diharamkan atas wanita kami', dan jika yang dalam perut itu dilahirkan mati, maka pria
dan wantia sama-sama boleh memakannya". (Al-An'am: 139).
Sa'id bin al-Musayyab telah menegaskan bahwa binatang-binatang ternak diperuntukkan
bagi taghut-taghut mereka. Di dalam hadits yang shahih dan marfu', bahwa Amru bin
Luhai adalah orang pertama yang melakukan ritual saibah (mempersembahkan onta untuk
berhala).
Bangsa Arab berbuat seperti itu terhadap berhala-berhalanya, dengan disertai keyakinan
bahwa hal itu bisa mendekatkan mereka kepada Allah, menghubungkan mereka
kepadaNya serta meminta syafa'at kepadaNya, sebagaimana yang dinyatakan dalam Al-
Qur'an :
"Kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan
S i r a h N a b a w i y a h | 26
sedekat-dekatnya". (Az-Zumar:3).
"Dan, mereka menyembah selain daripada Allah apa yang tidak dapat mendatangkan kemudharatan
kepada mereka dan tidak (pula) manfaat, dan mereka berkata: 'mereka itu adalah pemberi syafa'at
kepada kami disisi Allah". (Yunus: 18).
Orang-orang Arab juga mengundi nasib dengan sesuatu yang disebut al-azlam atau anak
panah yang tidak ada bulunya. Anak panah itu ada tiga jenis: satu jenis ditulis dengan kata
"ya", satu lagi ditulis dengan kata "tidak" dan jenis ketiga dengan kata "dibiarkan". Mereka
mengundi nasib untuk menentukan apa yang akan dilakukan, seperti bepergian, menikah
atau lain-lainnya, dengan menggunakan anak panah itu. Jika yang keluar tulisan "ya",
mereka melaksanakannya, dan jika yang keluar adalah tulisan "tidak" , mereka
menangguhkannya pada tahun itu hingga mereka melakukannya lagi. Dan jika yang mncul
adalah tulisan "dibiarkan" mereka mengulangi undiannya. Ada lagi jenis lain, yaitu tulisan
"air" dan "tebusan", begitu juga tulisan "dari kalian", "bukan dari kalian" atau "disusul".
Bila mereka ragu terhadap nasab seseorang mereka membawanya ke hubal dan membawa
serta juga seratus hewan kurban lalu diserahkan kepada pengundi. Dalam hal ini, jika yang
keluar adalah tulisan "dari kalian", maka dia diangkat sebagai penengah/pemutus perkara
diantara mereka. Jika yang keluar tulisan "bukan dari kalian" maka dia diangkat sebagai
sekutu. Sedangkan jika yang keluar adalah tulisan "disusul" maka kedudukannya di tengah
mereka adalah sebagai orang yang tidak bernasab dan tidak diangkat sebagai sekutu.
Tak beda jauh dengan hal ini adalah perjudian dan undian. Mereka membagi-bagikan
daging unta yang mereka sembelih berdasarkan undian tersebut.
Mereka juga percaya kepada perkataan peramal, dukun (para normal) dan ahli nujum
(astrolog). Peramal adalah orang yang suka memberikan informasi tentang hal-hal yang
akan terjadi di masa depan, mengaku-aku dirinya mengetahui rahasia-rahasia. Diantara
para peramal ini, ada yang mendakwa dirinya memiliki pengikut dari bangsa jin yang
memberikan informasi kepadanya. Diantara mereka juga ada yang mendakwa mengetahui
hal-hal yang ghaib berdasarkan pemahaman yang diberikan kepadanya. Ada lagi dari
mereka yang mendakwa dirinya mengetahui banyak hal dengan mengemukan premispremis
dan sebab-sebab yang dapat dijadikan bahan untuk mengetahui posisinya
berdasarkan kepada ucapan si penanya, perbuatannya atau kondisinya; inilah yang disebut
dengan 'arraf (dukun/para normal) seperti orang yang mendakwa dirinya mengetahui
barang yang dicuri, letak terjadinya pencurian, juga orang yang tersesat, dan lain-lain.
Sedangkan ahli nujum (astrolog) adalah orang yang mengamati keadaan bintang dan
planet, lalu dia menghitung perjalanan dan waktu peredarannya, agar dengan begitu dia
bisa mengetahui berbagai keadaan di dunia dan peristiwa-peristiwa yang bakal terjadi di
kemudian hari. Membenarkan ramalan ahli nujum/astrolog ini pada hakikatnya
merupakan bentuk kepercayaan terhadap bintang-bintang. Diantara keyakinan mereka
S i r a h N a b a w i y a h | 27
terhadap bintang-bintang adalah keyakinan terhadap anwa' (simbol tertentu yang dibaca
sesuai dengan posisi bintang) ; oleh karenanya mereka selalu mengatakan ; 'hujan yang
turun ke atas kami ini lantaran posisi bintang begini dan begitu'.
Di kalangan mereka juga beredar kepercayaan ath-Thiyarah yaitu merasa nasib sial atau
meramal nasib buruk (karena melihat burung, binatang lainnya atau apa saja) . Pada
mulanya mereka mendatangi seekor burung atau kijang, lalu mengusirnya. Jika burung
atau kijang itu mengambil arah kanan, maka mereka jadi bepergian ke tempat yang
hendak dituju dan hal itu dianggap sebagai pertanda baik. Jika burung atau kijang itu
mengambil arah kisri, maka mereka tidak berani bepergian dan mereka meramal hal itu
sebagai tanda kesialan. Mereka juga meramal sial jika di tengah jalan bertemu burung atau
hewan tertentu.
Tak bebeda jauh dengan hal ini adalah kebiasaan mereka yang menggantungkan ruas
tulang kelinci (dengan kepercayaan bahwa hal itu dapat menolak bala'-penj). Mereka juga
menyandarkan kesialan kepada hari-hari, bulan-bulan, hewan-hewan, rumah-rumah atau
wanita-wanita. Begitu juga keyakinan terhadap penularan penyakit dan binatang berbisa.
Mereka percaya bahwa orang yang mati terbunuh, jiwanya tidak tenteram jika dendamnya
tidak dilampiaskan. Ruhnya bisa menjadi binatang berbisa dan burung hantu yang
beterbangan di padang sahara/tanah lapang seraya berteriak: 'Haus! haus! beri aku
minum! beri aku minum!', dan bila telah dilampiaskan dendamnya maka ruhnya merasa
tenang dan tentram kembali.
Orang-orang Jahiliyah masih dalam kondisi kehidupan demikian, tetapi ajaran Ibrahim
masih tersisa pada mereka dan belum ditinggalkan sama sekali, seperti pengagungan
terhadap baitullah (ka'bah), thawaf, haji, umrah, wukuf di 'Arafah dan Muzdalifah, serta
ritual mempersembahkan onta sembelihan untuk ka'bah. Memang, dalam hal ini terjadi
hal-hal yang mereka ada-adakan. Diantaranya; orang-orang Quraisy berkata, 'kami anak
keturunan Ibrahim dan penduduk tanah haram, penguasa ka'bah dan penghuni Mekkah.
Tak seorangpun dari Bangsa Arab yang mempunyai hak dan kedudukan seperti kamidalam
hal ini, mereka menjuluki diri mereka dengan alhums (kaum pemberani)- ; oleh
karena itu tidak selayaknya kami keluar dari tanah haram menuju tanah halal (di luar tanah
haram). Mereka tidak melaksanakan wuquf di Arafah, juga tidak ifadhah dari sana, tapi
melaukan ifadhah dari Muzdalifah. Mengenai hal ini,turun firman Allah:
"Kemudian bertolaklah kalian dari tempat bertolaknya orang-orang banyak" . (al-Baqarah: 199).
Diantara hal-hal lain yang mereka katakana adalah : "tidak selayaknya alhums
mengkonsumsi keju, memasak dan menyaring samin/mentega saat mereka sedang
berihram, serta memasuki rumah-rumah dengan pakaian dari bulu/wol. Juga tidak
selayaknya berteduh ketika lagi berteduh kecuali di rumah-rumah yang terbuat dari kulit
selama mereka dalam keadaan berihram".
S i r a h N a b a w i y a h | 28
Mereka juga berkata: "Penduduk di luar tanah haram tidak boleh memakan makanan yang
mereka bawa dari luar tanah haram ke tanah haram, jika kedatangan mereka itu
dimaksudkan untuk melakukan haji atau umrah".
Hal-Hal lainya yang mereka buat-buat adalah mereka melarang orang yang datang dari
luar tanah haram bila mereka datang dan berthawaf untuk pertama kalinya kecuali dengan
mengenakan pakaian kebesaran alhums dan jika mereka tidak mendapatkannya maka
kaum laki-laki harus thawaf dalam keadaan telanjang. Sementara wanita juga harus
menanggalkan seluruh pakaiannya kecuali pakaian rumah yang longgar,kemudian baru
berthawaf dan melantunkan :
"Hari ini tampak sebagian atau seluruhnya apa yang nampak itu tiadalah ia perkenankan"
Dan berkaitan dengan itu, turun firman Allah :
"Hai anak Adam! Pakailah pakaian yang indah di setiap (memasuki) masjid". (al-A'raf: 31).
Jika salah seorang dari laki-laki dan wanita merasa lebih hormat untuk thawaf dengan
pakaian yang dikenakannya dari luar tanah haram maka sehabis thawaf dia harus
membuangnya dan ketika itu tak seorangpun yang boleh menggunakannya lagi; baik dari
mereka maupun selain mereka.
Hal lainya lagi adalah perlakuan mereka yang tidak mau masuk rumah dari pintu depan
bila sedang berihram, tetapi mereka melubangi bagian tengah rumah untuk tempat masuk
dan keluar, dan mereka manganggap pikiran sempit semacam ini sebagai kebaktian (birr);
maka hal semacam ini kemudian dilarang oleh Al-Qur'an dalam firmanNya :
"Dan bukanlah kebaktian itu memasuki rumah-rumah dari belakangnya, akan tetapi kebaktian itu
ialah kebaktian orang yang bertakwa". (al-Baqarah: 189).
Kepercayaan semacam ini ; kepercayaan bernuansa syirik, penyembahan terhadap berhala,
keyakinan terhadap hipotesis-hipotesis lemah dan khurafat-khurafat adalah merupakan
kepercayaan/agama mayoritas Bangsa Arab. Disamping itu juga, ada agama lain seperti;
Yahudi, Nashrani, Majusi dan Shabi'ah. Agama-agama ini juga mendapatkan jalan untuk
memasuki pemukiman Bangsa Arab.
Ada dua periode yang sempat mewakili keberadaan orang-orang Yahudi di jazirah Arab:
Proses hijrah yang mereka lakukan pada periode penaklukan Bangsa Babilonia dan
Assyiria di Palestina; tekanan yang dialami oleh orang-orang Yahudi, luluh lantaknya
negeri dan hancurnya rumah ibadah mereka oleh Bukhtanashshar pada tahun 587 SM
serta ditawan dan dibawanya sebagian besar mereka ke Babilonia menyebabkan sebagian
mereka yang lain meninggalkan negeri Palestina menuju Hijaz dan bermukim di sekitar
belahan utaranya.
S i r a h N a b a w i y a h | 29
Diawali dari sejak pendudukan yang dilakukan oleh Bangsa Romawi terhadap Palestina
dibawah komando Pettis pada tahun 70 M; adanya tekanan dari orang-orang Romawi
terhadap bangsa Palestina, hancur dan luluh lantaknya rumah ibadah mereka
membuahkan berimigrasinya banyak suku dari bangsa Yahudi ke Hijaz dan menetap di
Yatsrib (Madinah sekarang-penj), Khaibar dan Taima'. Disana mereka mendirikan
perkampungan, istana-istana dan benteng-benteng. Agama Yahudi tersebar di kalangan
sebagian bangsa Arab melalui kaum imigran Yahudi tersebut. Di kemudian harinya
mereka memiliki peran yang sangat signifikan dalam percaturan politik pada periode
tersebut sebelum munculnya Islam. Ketika Islam muncul, suku-suku Yahudi yang sudah
ada dan masyhur adalah Khaibar, an-Nadhir, al-Mushthaliq, Quraizhah dan Qainuqa'.
Sejarawan, as-Samhudi menyebutkan dalam bukunya "wafâul wafa' " halaman 116 bahwa
suku-suku Yahudi yang mampir di Yatsrib dan datang ke sana dari waktu ke waktu
berjumlah lebih dari dua puluh suku.
Sementara itu, masuknya agama Yahudi di Yaman adalah melalui penjual jerami, As'ad
bin Abi Karb. Ketika itu, dia pergi berperang ke Yatsrib dan disanalah dia memeluk
agama Yahudi. Dia membawa serta dua orang ulama Yahudi dari suku Bani Quraizhah ke
Yaman. Agama Yahudi tumbuh dan berkembang dengan pesat di sana, terlebih lagi ketika
anaknya, Yusuf yang bergelar Dzu Nuwas menjadi penguasa di Yaman; dia menyerang
penganut agama Nashrani dari Najran dan mengajak mereka untuk menganut agama
Yahudi, namun mereka menolak. Karena penolakan ini, dia kemudian menggali parit dan
mencampakkan mereka ke dalamnya lalu mereka dibakar hidup-hidup. Dalam
tindakannya ini, dia tidak membedakan antara laki-laki dan perempuan, anak-anak kecil
dan orang-orang berusia lanjut. Sejarah mencatat, bahwa jumlah korban pembunuhan
massal ini berkisar antara 20.000 hingga 40.000 jiwa. Peristiwa itu terjadi pada bulan
Oktober tahun 523 M. Al-Qur'an menceritakan sebagian dari drama tragis tersebut dalam
surat al-Buruj (tentang Ashhabul Ukhdud).
Sedangkan agama Nasrani masuk ke jazirah Arab melalui pendudukan orang-orang
Habasyah dan Romawi. Pendudukan orang-orang Habasyah yang pertama kali di Yaman
terjadi pada tanun 340 M dan berlangsung hingga tahun 378 M. Pada masa itu, gerakan
kristenisasi mulai merambah pemukiman di Yaman. Tak berapa jauh dari masa ini,
seorang yang yang dikenal sebagai orang yang zuhud, doanya mustajab dan juga dianggap
mempunyai kekeramatan. Orang ini dikenal dengan sebutan Fimiyun; dialah yang datang
ke Najran. Dia mengajak penduduk Najran untuk memeluk agama Masehi. Mereka
melihat tanda-tanda kejujuran pada dirinya dan kebenaran agamanya. Oleh karena itu
mereka menerima dakwahnya dan bersedia memeluk agama Nasrani.
Tatkala orang-orang Habasyah menduduki Yaman untuk kedua kalinya pada tahun 525
M; sebagai balasan atas perlakuan Dzu Nuwas yang dulu pernah dilakukannya, dan
S i r a h N a b a w i y a h | 30
tampuk pimpinan dipegang oleh Abrahah, maka dia menyebarkan agama Nasrani dengan
gencar dan target sasaran yang luas hingga mencapai puncaknya yaitu tatkala dia
membangun sebuah gereja di Yaman, yang diberi nama "Ka'bah Yaman". Dia
menginginkan agar haji yang dilakukan oleh Bangsa Arab dialihkan ke gereja ini.
Disamping itu,dia juga berniat menghancurkan Baitullah di Mekkah, namun Allah
membinasakannya dan akan mengazabnya di dunia dan akhirat.
Agama Nashrani dianut oleh kaum Arab Ghassan, suku-suku Taghlib dan Thayyi' dan
selain kedua suku terakhir ini. Hal itu disebabkan mereka bertetangga dengan orang-orang
Romawi. Bukan itu saja, bahkan sebagian raja-raja Hirah juga telah memeluknya.
Sedangkan agama Majusi lebih banyak berkembang di kalangan orang-orang Arab yang
bertetangga dengan orang-orang Persia yaitu orang-orang Arab di Iraq, Bahrain (tepatnya
di Ahsa'), Hajar dan kawasan tepi pantai teluk Arab yang bertetangga dengannya. Elite-
Elite politik Yaman juga ada yang memeluk agama Majusi pada masa pendudukan Bangsa
Persia terhadap Yaman.
Adapun agama Shabi'ah; menurut penemuan yang dilakukan melalui penggalian dan
penelusuran peninggalan-peninggalan mereka di negeri Iraq dan lain-lainnya
menunjukkan bahwa agama tersebut dianut oleh kaum Ibrahim Chaldeans. Begitu juga,
agama tersebut dianut oleh mayoritas penduduk Syam dan Yaman pada zaman purbakala.
Setelah beruntunnya kedatangan beberapa agama baru seperti agama Yahudi dan Nasrani,
agama ini mulai kehilangan identitasnya dan aktivutasnya mulai redup. Tetapi masih ada
sisa-sisa para pemeluknya yang membaur dengan para pemeluk Majusi atau hidup
berdampingan dengan mereka, yaitu di masyarakat Arab di Iraq dan di kawasan tepi
pantai teluk Arab.
Kondisi Kehidupan Agama
Agama-agama tersebut merupakan agama yang sempat eksis sebelum kedatangan Islam.
Namun dalam agama-agama tersebut, sudah terjadi penyimpangan dan hal-hal yang
merusak. Orang-orang Musyrik yang mendakwa diri mereka adalah penganut agama
Ibrahim, justeru keadaannya teramat jauh dari perintah dan larangan syariat Ibrahim.
Ajaran-ajaran tentang akhlaq mulia mereka sudah abaikan sehingga maksiat tersebar
dimana-mana. Seiring dengan peralihan zaman secara bertahap terjadi perkembang yang
sama seperti ajpa yang dilakukan oleh para penyembah berhala (paganis). Adat istiadat
dan tradisi-tradisi yang berlaku telah berubah menjadi khurafat-khurafat dalam agama dan
ini memiliki dampak negatif yang amat parah terhadap kehidupan sosio politik dan religi
masyarakat.
Lain lagi perubahan yang terjadi terhadap orang-orang Yahudi; mereka telah menjadi
S i r a h N a b a w i y a h | 31
manusia yang dijangkiti penyakit riya' dan menghakimi sendiri. Para pemimpin mereka
menjadi sesembahan selain Allah; menghakimi masyarakat seenaknya dan bahkan
menvonis mereka seakan mereka mengetahui apa yang terbetik dihati dan dibibir mereka.
Ambisi utama mereka hanyalah bagaimana mendapatkan kekayaan dan kedudukan,
sekalipun berakibat lenyapnya agama dan menyebarnya kekufuran serta pengabaian
terhadap ajaran-ajaran yang telah diperintahkan oleh Allah dan yang harus dijunjung
tinggi oleh setiap orang.
Berbeda dengan agama Nashrani, ia berubah menjadi agama berhala (paganisme) yang
sulit dipahami dan mengalami pencampuradukan yang amat janggal antara pemahaman
terhadap Allah dan manusia. Agama semacam ini tidak berpengaruh banyak dan secara
signifikan terhadap bangsa Arab karena ajaran-ajarannya jauh dari gaya hidup yang
mereka kenal dan lakoni. Karenanya, tidak mungkin pula mereka jauh dari gaya hidup
tersebut.
Sementara kondisi semua agama bangsa Arab, tak ubahnya seperti kondisi orang-orang
Musyrik; perasaan hati yang sama, kepercayaan yang beragam, tradisi dan kebiasaan yang
saling sinkron.

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

FIRMAN GUNS. Diberdayakan oleh Blogger.